Tips Untuk Mendapatkan Nilai Bagus dan Memuaskan Dalam Perkuliahan



Nilai yang bagus dan memuaskan pasti adalah dambaan untuk semua Mahasiswa pada saat kuliah, namun untuk mendapatkan nilai yang bagus itu tidak semudah kelihatannya. Tidak hanya dengan belajar yang giat saja nilai A itu bisa langsung ditangan, namun juga harus butuh setrategi belajar yang cerdas. Strategi belajar yang cerdas sangat dibutuhkan pada saat kita kuliah, dikarenakan belajar pada masa kuliah itu sangat berbeda dengan SMA, waktu belajar kita akan terbagi dengan kegiatan Organisasi dan kegiatan kampus lainnya. Jadi kita harus mampu membagi waktu antara belajar, mengikuti kelas perkuliahan dan kegiatan organisasi. Jadi agar kita tetap bisa memperoleh nilai yang memuaskan walaupun ditengah kesibukan keorganisasian, kita butuh strategi untuk mencapai nilai yang bagus itu. Nah maka dari itu pada postingan kali ini Detivity akan membagikan beberapa tips untuk  mendapatkan nilai yang bagus dan memuaskan pada mata kuliah yang diambil.

1. Melakukan persiapan sebelum mengikuti kelas perkuliahan
Sebelum kita mengikuti kelas, alangkah baiknya jika kita melakukan persiapan terlebih dahulu, seperti mencari artikel yang berkaitan dengan mata kuliah ataupun membaca buku catatan agar kita tau apa yang dibicarakan oleh dosen dan juga sebagai antisipasi jika dosen nanti memberikan pertanyaan-pertanyaan mendadak. Dan jika nanti kita ditanya kita bisa langsung menjawab pertanyaan dosen tersebut. Selain itu juga, kita bisa mengajukan pertanyaan berkaitan dengan materi mata kuliah yang telah kita cari dan pelajari sebelumnya. Dan tentunya baik menjawab ataupun bertanya itu akan dapat menambah nilai/point partisipasi kita. 

2. Berpartisipasi dalam kelas
Partisipasi/keaktifan dalam kelas juga sangat diperlukan pada saat kita mengikuti perkuliahan, bukan hanya menjawab pertanyaan namun juga menanyakan pertanyaan itu sudah termasuk dalam nilai keaktifan, kadang nilai keaktifan itu bisa menentukan 15-20% dari nilai total untuk satu matakuliah. Jadi jika ingin memperoleh nilai keatifan kita tidak bisa hanya berpura-pura mengerti dan merima pelajaran yang diberikan, kalau memang kurang mengerti atau butuh penjelasan tambahan langsung saja ancungkan tangan dan mulailah bertanya.

3. Kerjakan tugas-tugas yang diberikan secara maksimal
Dalam mengikuti perkuliahan itu, pasti kurang lengkap rasanya tanpa ada yang namanya tugas. Jadi usahakan tugas-tugas yang diberikan di perkuliahan maupun praktikum dikerjakan dengan baik. Usahakan jangan menunda-nunda dalam pengerjaan tugas yang diberikan, untuk mendapatkan hasil yang maksimal kerjakan tugas dimanapun dan kapanpun secepat yang kamu bisa dan jangan buat tugas hanya pada saat H-1. Selain itu yang perlu diperhatikan lagi dalam pengerjaan tugas adalah waktu pengumpulannya, pastikan utuk mengumpulkan tugas dengan tepat waktu agar nilai tugas tidak berkurang ataupun hilang.

4. Masuk ke grup tugas kelompok yang benar

Kelas pertama biasanya merupakan waktu pembentukan grup untuk tugas kelompok. Apabila dosennya baik, beliau akan mengijinkan kita untuk mencari kelompok sendiri-sendiri. Jadi kita harus bisa untuk masuk ke grup yang benar dan tidak sekelompok dengan orang-orang yang sering bolos, tidak pernah memperhatikan, atau tidak mau kerja. Agak sulit menilai hal ini apabila ini merupakan kelas pertama dan kita tidak kenal siapa-siapa. Tapi kalau kita sudah punya teman atau kira-kira mengenali tipe teman-teman sekelas, langsunglah ajak mereka ke untuk satu grup. Grup terbaik biasanya punya orang yang jago presentasi, jago mencari informasi, jago membuat PowerPoint, dan jago mengedit. Tugas kelompok memiliki nilai yang cukup besar, dan lain dari ujian, pastikanlah nilaimu baik sehingga kamu tidak terbebani dalam ujian.

5. Usahakan untuk duduk di depan
Duduk di depan merupakan hal yang simple tapi sangat susah untuk dilakukan, beberapa orang sangat menghindari yang namanya duduk di depan entah karena alasan apa. Beberapa orang juga ada yang beranggapan duduk dimanapun itu sama saja, namun perlu diperhatikan juga jika kita memiliki keinginan untuk mendapatkan nilai yang bagus pada matakuliah tersebut duduk didepan bisa menjadi solusi, karena dengan duduk di depan akan memaksa kita untuk memperhatikan materi, terhindar dari yang namanya godaan untuk mengobrol, main hp maupun tidur di kelas. Jadi persentase untuk mengerti dan memahami materi itu lebih besar daripada duduk dibelakang. Dan perlu dipahami juga hal-hal kecil seperti itu jangan sampai disepelekan, karena sesuatu yang besar juga berawal dari sesuatu yang kecil.

6. Mengikuti ujian dan mengerjakannya dengan baik
Ujian bisa dikatakan sebagai faktor paling penting dalam menentukan nilai dan kelusan mahasiswa dikarenakan ujian memiliki persentase penilain yang tinggi, maka dari itu kita harus mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk menghadapi ujian tesebut baik dari segi persiapan belajar, latihan dan pastinya juga kesehatan, karena kita wajib untuk mengikuti ujian tersebut jika kita ingin lulus. Usahakan membaca catatan ataupun materi-materi yang diberikan oleh dosen baik dalam bentuk powerpint, kisi-kisi soal ujian ataupun soal-soal latihan sebelum menghadapi ujian. Jika kita sudah mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian tersebut, dijamin kita pasti akan mampu melewati ujian tersebut dengan baik dan lancar.
 
7. Jangan Bolos Kelas
Bolos kelas bisa dibilang sebagai salah satu godaan bagi para mahasiswa saat mengikuti perkuliahan. Bolos bisa terjadi karena faktor ketidaksukaan, baik ketidaksukaan terhadap mata kuliah maupun ketidaksukaan terhadap dosen yang mengajar mata kuliah tersebut. Namun sebesar apapun ketidaksukaan kita terhadap mata kuliah ataupun dosen yang mengajar, kita harus mampu untuk menghindari yang namanya keinginan untuk bolos, karena bolos hanya akan memberikan dampak yang kurang bagus bagi diri kita, selain ketinggalan materi pelajaran kita juga harus belajar lebih banyak untuk mengejar ketinggalan tersebut. Perlu diperhatikan juga, setiap kampus pasti menerapkan kebijakan atau peraturan mengenai persentase kehadiran (biasanya 75-85%). Jadi jangan sampai ketidakhadiran kita melebihi batas yang telah ditentukan karena di beberapa kampus akan memberikan sanksi yaitu tidak diperbolehkan mengikuti ujian akhir semester (UAS) jika tidak memenuhi syarat kehadiran dalam perkuliahan. Maka dari itu jika kita ingin lulus dan mendapatkan nilai yang bagus, bolos merupakan hal yang patut untuk dihindari.

Demikian tips untuk mendapatkan nilai yang bagus dan memuaskan dalam perkuliahan, semoga dapat memberi gambaran dan bermanfaat bagi pembaca semua. Salam kreatif




Reference: sekolahsg.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »