Penggunaan Class Pada Java (Menghitung Luas dan Keliling Bangun Datar)


Pada postingan kali ini, saya akan membagikan contoh penggunaan class pada java, dan disini saya memberi contoh dengan cara menghitung luas dan keliling bangun datar (Lingkaran, Persegi, Persegi Panjang, Segitiga) dan metode inputan yang digunakan adalah JOptionPane:
Langkahnya yaitu:

1. Buat New Project (Ctrl+Shift+N) dan beri nama BangunDatar, dan masukkan kode berikut:

package bangundatar;
import javax.swing.JOptionPane;

public class BangunDatar {
    public static void main (String[] args){
        int pilihan = Integer.parseInt(JOptionPane.showInputDialog("Menu: ; 1.Lingkaran; "
                                                                        + "2.Persegi; "
                                                                        + "3.Persegi Panjang; "
                                                                        + "4.Segitiga; "));
        switch(pilihan){
            case 1:
               
                double j ;
                String nilaij = JOptionPane.showInputDialog("Masukkan Jari-Jari: ");
                j = Double.parseDouble(nilaij);
                
                Lingkaran L = new Lingkaran();
                L.setLingkaran(j);
                
                JOptionPane.showMessageDialog(null,"Luasnya adalah: "+L.luasLingkaran());
                JOptionPane.showMessageDialog(null,"Kelilingnya adalah: "+L.kllLingkaran());
                break;               
            
            case 2:
                double s;
                String nilais = JOptionPane.showInputDialog("Masukkan Sisi: ");
                s = Double.parseDouble(nilais);
                
                Persegi P = new Persegi();
                P.setPersegi(s);
                
                JOptionPane.showMessageDialog(null,"Luasnya adalah: "+P.luasPersegi());
                JOptionPane.showMessageDialog(null,"Kelilingnya adalah: "+P.kllPersegi());
                break;
                
            case 3:
                double p,l;
                String nilaip = JOptionPane.showInputDialog("Masukkan Panjang: ");
                p = Double.parseDouble(nilaip);
                String nilail = JOptionPane.showInputDialog("Masukkan Lebar: ");
                l = Double.parseDouble(nilail);
                
                Persegi_Panjang PP = new Persegi_Panjang();
                PP.setPersegi_Panjang(p, l);
                
                JOptionPane.showMessageDialog(null,"Luasnya adalah: "+PP.luasPersegi_Panjang());
                JOptionPane.showMessageDialog(null,"Kelilingnya adalah: "+PP.kllPersegi_Panjang());
                break;
                
            case 4:
                double a,t,s1,s2,s3;
                String nilaia = JOptionPane.showInputDialog("Masukkan Alas: ");
                a = Double.parseDouble(nilaia);
                String nilait = JOptionPane.showInputDialog("Masukkan Tinggi: ");
                t = Double.parseDouble(nilait);
                String nilais1 = JOptionPane.showInputDialog("Masukkan Sisi 1: ");
                s1 = Double.parseDouble(nilais1);
                String nilais2 = JOptionPane.showInputDialog("Masukkan Sisi 2: ");
                s2 = Double.parseDouble(nilais2);
                String nilais3 = JOptionPane.showInputDialog("Masukkan Sisi 3: ");
                s3 = Double.parseDouble(nilais3);
                
                Segitiga S = new Segitiga();
                S.setSegitiga(a, t, s1, s2, s3);
                
                JOptionPane.showMessageDialog(null,"Luasnya adalah: "+S.luasSegitiga());
                JOptionPane.showMessageDialog(null,"Kelilingnya adalah: "+S.kllSegitiga());
                break;
        }
                
    }
}

2. Buat Class baru dengan cara New File (Ctrl+N) dan beri nama Lingkaran, lalu masukkan kode berikut:

package bangundatar;
import javax.swing.JOptionPane;
public class Lingkaran extends BangunDatar {
    double j;
    
    public void setLingkaran(double jari){
        this.j = jari;
    }
    
    public double luasLingkaran(){
        double luas;
        luas = 3.14 * this.j * this.j;
        return luas;
    }
    
    public double kllLingkaran(){
        double kll;
        kll = 2 * 3.14 * this.j;
        return kll;
    }
    
}

3. Buat Class baru dengan cara New File (Ctrl+N) dan beri nama Persegi, lalu masukkan kode berikut:

package bangundatar;
import javax.swing.JOptionPane;
public class Persegi extends BangunDatar{
    double s;
    
    public void setPersegi(double sisi){
        this.s = sisi;
    }
    
    public double luasPersegi(){
        double luas;
        luas = this.s * this.s;
        return luas;
    }
    
    public double kllPersegi(){
        double kll;
        kll = this.s * 4;
        return kll;
    }
}

4. Buat Class baru dengan cara New File (Ctrl+N) dan beri nama PersegiPanjang, lalu masukkan kode berikut:

package bangundatar;
import javax.swing.JOptionPane;
public class Persegi_Panjang extends BangunDatar{
    double p,l;
    
    public void setPersegi_Panjang(double panjang,double lebar){
        this.p = panjang;
        this.l = lebar;
    }
    
    public double luasPersegi_Panjang(){
        double luas;
        luas = this.p * this.l;
        return luas;
    }
    public double kllPersegi_Panjang(){
        double kll;
        kll = 2*(this.p+this.l);
        return kll;
    }
}

5. Buat Class baru dengan cara New File (Ctrl+N) dan beri nama Segitiga, lalu masukkan kode berikut:

package bangundatar4;
import javax.swing.JOptionPane;
public class Segitiga extends BangunDatar4{
    double a,t,s1,s2,s3;
    
    public void setSegitiga(double alas,double tinggi,double sisi1,double sisi2,double sisi3){
        this.a = alas;
        this.t = tinggi;
        this.s1 = sisi1;
        this.s2 = sisi2;
        this.s3 = sisi3;
    }
    
    public double luasSegitiga(){
        double luas;
        luas = (this.a*this.t)/2;
        return luas;
    }
    
    public double kllSegitiga(){
        double kll;
        kll = (this.s1 + this.s2 + this.s3);
        return kll;
    }
} 

Sekian untuk postingan kali ini, dan semoga bermanfaat.


Reference: Contoh Pengguaan Class Pada Java by ViosCodes

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar