Pengertian, Fungsi dan Sarana Manajemen


Pengertian Manajemen
Manajemen merupakan suatu seni, proses ataupun serangkaian aktivitas yang di dalamnya terdapat kegiatan seperti perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan serta pengendalian yang diarahkan kepada sumber daya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya secara efektif dan efisien.

Fungsi Manajemen (Secara Umum)
Secara umum fungsi manajemen dibedakan menjadi 4, yaitu:
1. Planning (Perencanaan)
Planning merupakan  langkah awal dalam proses manajemen, dikarenakan dalam perencanaan terdapat susunan atau langkah-langkah secara sistematik dan teratur untuk mencapai tujuan organisasi.

2. Organizing (Pengorganisasian)
Organizing merupakan kegiatan pembagian tugas-tugas kepada orang-orang yang terlibat dalam aktivitas organisasi, sesuai dengan kompetensi SDM yang dimiliki.

3. Actuating (Penggerakan/Implementasi)
Actuating merupakan implementasi dari rencana, dimana rencana dibuat menjadi tindakan dalam dunia organisasi. Dalam actuating ketua/manajer memiliki peranan yang penting untuk mengarahkan anggota sesuai dengan tujuan organisasi.

4. Controlling (Pengawasan)
Controlling merupakan proses pengawasan, pengamatan, menilai kinerja pelaksanaan dan jika diperlukan mengambil tindakan korektif, sehingga pelaksanaan dapat berjalan dengan semaksimal mungkin dalam mencapai tujuan organisasi.

Keempat fungsi manajemen tersebuat dalam manajemen tidak berjalan linier, namun spiral. Hal ini memungkinkan organisasi akan bergerak terus menerus dan tidak berhenti pada satu tahap.

Sarana Manajemen
Sarana manajemen ada 6, yaitu:
1. Man
Merujuk pada sumber daya manusia yang dimiliki organisasi. Dalam manajemen, faktor manusia adalah yang paling menentukan.

2. Money
Uang merupakan  salah satu yang tidak dapat diabaikan, Uang merupakan alat tukar dan alat pengukur nilai. Besar kecilnya hasil kegiatan dapat diukur dari jumlah uang yang beredar dalam perusahaan/organisasi.
 
3. Material
Bahan-bahan yang digunakan dalam proses produksi (bahan setengah jadi ataupun bahan jadi). Selain manusia yang ahli dalam bidangnya juga harus dapat menggunakan bahan/meteri-materi sebagai salah satu sarana. Sebab materi dan manusia tidak dapat dipisahkan, tanpa meteri tidak akan tercapai hasil yang dikehendaki.
 
4. Machine
Mesin digunakan untuk memebri kemudahan atau menghasilkan keuntungan yang lebih besar serta menciptakan efisiensi kerja.
 
5. Method
Suatu tata cara atau metode kerja yang digunakan untuk memperlancar jalannya pekerjaan manajer.

6. Market
Pasar adalah tempat dimana organisasi menyebarluaskan (memasarkan) produknya.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
Anonim
12 Maret 2022 pukul 20.35 delete

Pengertian, Fungsi Dan Sarana Manajemen - Detivity >>>>> Download Now

>>>>> Download Full

Pengertian, Fungsi Dan Sarana Manajemen - Detivity >>>>> Download LINK

>>>>> Download Now

Pengertian, Fungsi Dan Sarana Manajemen - Detivity >>>>> Download Full

>>>>> Download LINK

Reply
avatar