Menghitung Luas & Keliling Segitiga Dengan Metode Input BufferedReader, Scanner dan JOptionPane Pada Java


Pada postingan kali ini saya akan memberikan sebuah cara atau lebih tepatnya source code untuk menghitung Luas dan Keliling Segitiga, dengan metode input BufferedReader, Scanner dan JOptionPane pada Java Netbeans

  • Metode Input BufferedReader
package segitiga; // sesuaikan dengan nama package yang kalian buat
import java.io.BufferedReader;
import java.io.InputStreamReader;
import java.io.IOException;
import static java.lang.Math.sqrt;


/**
 *
 * @author Padma Ekayasa
 */
public class Segitiga_BufferedReader {
    public static void main(String[] args) {
        int a,t;
        double m, kll,luas;
        
        BufferedReader segitiga = new BufferedReader(new InputStreamReader(System.in));
        System.out.print("Masukkan Alas: ");
        try{
            String nilaiA = segitiga.readLine();
            a = Integer.parseInt(nilaiA);
            System.out.print("Masukkan Tinggi: ");
            String nilaiT = segitiga.readLine();
            t = Integer.parseInt(nilaiT);
            System.out.println("");
            
            //menghitung luas
            luas = 0.5*a*t;
            System.out.println("Luasnya Adalah: "+luas);
            //menghitung sisi miring
            m = sqrt((a*a)+(t*t));
            //menghitung keliling
            kll = a+t+m;
            System.out.println("Kelilingnya adalah: "+kll);
                      
        }catch (IOException e){
            System.out.println("Error!!");
        }     
    }
}

  • Metode Input Scanner
package segitiga; // sesuaikan dengan nama package yang kalian buat
import static java.lang.Math.sqrt;
import java.util.Scanner;
/**
 *
 * @author Padma Ekayasa
 */
public class Segitiga_Scanner {
    public static void main(String[] args) {
        int a,t;
        double m, kll,luas;
                
        Scanner segitiga = new Scanner(System.in);
        System.out.print("Masukkan Alas: ");
        a = segitiga.nextInt();
        System.out.print("Masukkan Tinggi: ");
        t = segitiga.nextInt();
        System.out.println("");
        
        //menghitung luas
        luas = 0.5*a*t; 
        System.out.println("Luasnya adalah: "+luas);
        //menghitung sisi miring
        m = sqrt((a*a)+(t*t)); 
        //menghitung keliling
        kll = a+t+m; 
        System.out.println("Kelilingnya adalah: "+kll);         
    }
}

  • Metode Input JOptionPane
package segitiga; // sesuaikan dengan nama package yang kalian buat
import static java.lang.Math.sqrt;
import javax.swing.JOptionPane;

/**
 *
 * @author Padma Ekayasa
 */
public class Segitiga_JOptionPane {
    public static void main(String[] args) {
        int a,t;
        double m, luas,kll;
        
        
        String nilaia = JOptionPane.showInputDialog("Masukkan Alas: ");
        a = Integer.parseInt(nilaia);
        String nilait = JOptionPane.showInputDialog("Masukkan Tinggi: ");
        t = Integer.parseInt(nilait);
        
        //menghitung luas
        luas = 0.5*a*t;
        JOptionPane.showMessageDialog(null,"Luasnya adalah: "+luas);
        
        //menghitung nilai sisi miring
        m = sqrt((a*a)+(t*t)); 
        
        //menghitung keliling
        kll = a+t+m;
        JOptionPane.showMessageDialog(null,"Kelilingnya adalah: "+kll);
    
    }
}

Sekian untuk postingan kali ini,
Semoga Bermanfaat...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »