Pada postingan kali ini saya akan memberikan sebuah cara atau lebih tepatnya source code untuk menghitung Luas dan Keliling Segitiga, dengan metode input BufferedReader, Scanner dan JOptionPane pada Java Netbeans
- Metode Input BufferedReader
package segitiga; // sesuaikan dengan nama package yang kalian buat import java.io.BufferedReader; import java.io.InputStreamReader; import java.io.IOException; import static java.lang.Math.sqrt; /** * * @author Padma Ekayasa */ public class Segitiga_BufferedReader { public static void main(String[] args) { int a,t; double m, kll,luas; BufferedReader segitiga = new BufferedReader(new InputStreamReader(System.in)); System.out.print("Masukkan Alas: "); try{ String nilaiA = segitiga.readLine(); a = Integer.parseInt(nilaiA); System.out.print("Masukkan Tinggi: "); String nilaiT = segitiga.readLine(); t = Integer.parseInt(nilaiT); System.out.println(""); //menghitung luas luas = 0.5*a*t; System.out.println("Luasnya Adalah: "+luas); //menghitung sisi miring m = sqrt((a*a)+(t*t)); //menghitung keliling kll = a+t+m; System.out.println("Kelilingnya adalah: "+kll); }catch (IOException e){ System.out.println("Error!!"); } } }
- Metode Input Scanner
package segitiga; // sesuaikan dengan nama package yang kalian buat import static java.lang.Math.sqrt; import java.util.Scanner; /** * * @author Padma Ekayasa */ public class Segitiga_Scanner { public static void main(String[] args) { int a,t; double m, kll,luas; Scanner segitiga = new Scanner(System.in); System.out.print("Masukkan Alas: "); a = segitiga.nextInt(); System.out.print("Masukkan Tinggi: "); t = segitiga.nextInt(); System.out.println(""); //menghitung luas luas = 0.5*a*t; System.out.println("Luasnya adalah: "+luas); //menghitung sisi miring m = sqrt((a*a)+(t*t)); //menghitung keliling kll = a+t+m; System.out.println("Kelilingnya adalah: "+kll); } }
- Metode Input JOptionPane
package segitiga; // sesuaikan dengan nama package yang kalian buat import static java.lang.Math.sqrt; import javax.swing.JOptionPane; /** * * @author Padma Ekayasa */ public class Segitiga_JOptionPane { public static void main(String[] args) { int a,t; double m, luas,kll; String nilaia = JOptionPane.showInputDialog("Masukkan Alas: "); a = Integer.parseInt(nilaia); String nilait = JOptionPane.showInputDialog("Masukkan Tinggi: "); t = Integer.parseInt(nilait); //menghitung luas luas = 0.5*a*t; JOptionPane.showMessageDialog(null,"Luasnya adalah: "+luas); //menghitung nilai sisi miring m = sqrt((a*a)+(t*t)); //menghitung keliling kll = a+t+m; JOptionPane.showMessageDialog(null,"Kelilingnya adalah: "+kll); } }
Sekian untuk postingan kali ini,
Semoga Bermanfaat...
EmoticonEmoticon