Manajemen dapat diartikan sebagai suatu seni, proses ataupun serangkaian aktivitas yang didalamnya terdapat kegiatan seperti perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan serta pengendalian yang diarahkan pada sumber daya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya secara efektif dan efisien.
Organisasi
merupakan tempat/wadah sekelompok orang untuk berkumpul dan bekerja sama untuk
mencapai tujuan bersama.
Fungsi
Manajemen:
1. Planning
2. Organizing
3. Actuating
4. Controlling
1. Planning (Perencanaan)
Perencanaan
merupakan langkah awal dalam proses manajemen, karena dalam merencanakan
aktivitas organisasi kedepan, maka segala sumber daya dalam organisasi
difokuskan pada pencapaian tujuan organisasi.
Ada
beberapa foktor yang harus diperhatikan dalam melakukan perencanaan, yakni
SMART:
·
Specific, artinya perencanaan harus jelas
maksud maupun ruang lingkupnya.
·
Measurable, artinya program kerja organisasi
atau rencana harus dapat diukur tingkat keberhasilannya.
·
Achievable, artinya dapat dicapai. Jadi bukan
hanya sekedar angan-angan dalam merencanakan dan tidak dapat dilaksanakan.
·
Realistic, artinya
sesuai dengan kemampuan dan sumber daya yang ada. Tidak terlalu mudah dan tidak
terlalu sulit.
·
Time, artinya
ada batas waktu yang jelas. Mingguan, bulanan, triwulan, semesteran atau
tahunan. Sehingga mudah dinilai dan dievaluasi.
2. Organizing (Pengorganisasian)
Pengorganisasian
diartikan sebagai kegiatan pembagian tugas-tugas pada orang yang terlibat dalam
aktivitas organisasi, sesuai dengan kompetensi SDM yang dimiliki.
Dalam
pengorganisasian kegiatan yang dilakukan yakni staffing (penempatan
staf) dan pemaduan segala sumber daya organisasi.
3. Actuating (Penggerakan/Implementasi)
Actuating adalah peran ketua
organisasi untuk mengarahkan anggota yang sesuai dengan tujuan
organisasi.
Actuating adalah
implementasi rencana.
Actuating membuat urutan rencana menjadi tindakan dalam dunia
organisasi.
4. Controlling (Pengawasan)
Pengawasan
adalah proses pengawasan, pengamatan, menilai
kinerja pelaksanaan, dan jika diperlukan mengambil tindakan korektif, sehingga
pelaksanaan dapat berjalan dengan semaksimal mungkin dalam mencapai tujuan organisasi.
Penerapan
Fungsi Manajemen Dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) STIKI Hardware Software.
1. Planning
Ukm
Mampu Menghasilkan 1 Atau 2 Buah Karya Atau Aplikasi Yang Dapat Dimanfaatkan
Oleh Masyarakat Luas Pada Tahun 2018.
Aktivitas
dalam perencanaan:
·
Menentukan
dan merancang konsep Aplikasi/karya yang akan dibuat
·
Mengajukan
proposal/ijin kepada pihak kampus
·
Menyiapkan
sumber daya yang dibutuhkan
·
Menghitung
budget yang akan dikeluarkan
2. Organizing
·
Merekrut/mengajak
anggota yang benar-benar mau berperan aktif memajukan UKM
·
Pembagian
TIM/Divisi
·
Di
masing-masing Divisi terdapat 1 orang koordinator
·
Pembagian
kerja/tugas kemasing-masing divisi
·
Mengadakan
latihan/pertemuan rutin seminggu sekali
3. Actuating
·
Yang
memberi arahan dan tanggung jawab adalah Pembina UKM
·
Ketua
memberi arahan dan memotivasi rekan-rekan anggota UKM agar terciptanya rasa
kesadaran dan semangat untuk memajukan UKM
·
Masing-masing
koordinator divisi selalu melakukan komunikasi rutin dengan anggota untuk
menghindari miss komunikasi tugas/pekerjaan yang telah dibagikan
·
Mengijinkan
anggota yang lain untuk menyampaikan pendapatannya
4. Controlling
·
Ketua
melakukan pengawasan dan pengecekan tugas pada saat pertemuan rutin
·
Setiap
divisi wajib menyampaikan kendala / masalah yang dihadapi saat mengerjakan
projeknya agar dapat dipecahkan bersama pada saat pertemuan rutin
·
Absensi
& perhatikan kinerja anggota
5 komentar
Write komentarartikel nya sangat bermanfaat....
Replybagus....sangat bermanfaat
ReplyMy blog
Tolong bantu gua , bsk gua ulangan ekonomui ðŸ˜ðŸ˜ðŸ˜ðŸ˜
ReplyTerima kasih telah membantu untuk memulai belajar managemen
Replyterimakasih telah berbagi artikel yang bermanfaat...
ReplyManajemen Keuangan
EmoticonEmoticon